BAB Pernikahan..

Sebetulnya ini mata ngantuk banget pengen tidur, tapi karena lagi mual mual jadi malah gak bisa tidur.. Buka FB liat temen curhat di dinding FB kayanya sih ada problem sama rumah tangganya.. Sebetulnya gak maksud kepo, tapi kebaca.. Yaudah jadi sedikit tau kalo dia lagi ada masalah rumah tangganya..

Disini gue gak ada maksud buat ngomongin masalah rumah tangga temen gue itu, karna itu gak ada pengaruhnya untuk masa depan gue.. #apasih.. Jadi pembahasan kali ini tentang pernikahan.. Point penting dalam pernikahan itu salah satunya masalah emosional..

Please jangan bilang gue sotau karna gue belum punya pengalaman pernikahan sok sok an bikin tulisan beginian..

Begini ya gaes.. Ilmu itu gak selalu di dapat dengan kita perlu terjun dulu, tapi bisa di dapat dari cerita dan wejangan dari orang orang sekitar yang udah berpengalaman.. Dan kalian tau meskipun gue belum pernah ngalamin pernikahan tapi gue adalah orang yg selalu dipercaya sahabat gue buat dengerin curhatnya.. Dan kalian tau sahabat gue cerita apa? Cerita rumah tangga nya.. Sekilas aneh tapi nyata.. Gimana bisa gue yg gak berpengalaman menikah tapi bisa ngasih solusi buat permasalahan rumah tangga dia.. Dan dia yang tadinya keukeuh mau cerein istrinya dengan solusi gue yg brilian akhirnya rumah tangga dia sekarang jadi sakinah, mawadah warohmah..

Oke lanjut ke point tentang emosional dalam rumah tangga.. Apa sih maksudnya? Sekali lagi gue bilang gue memang gak pernah punya pengalaman menikah tapi gue lihat dari sekitar yg udah berpengalaman menikah.. Gue tau dalam berumah tangga itu pasti sedikit banyak nemuin yg namanya masalah.. Apapun itu terkait keuangan, kesalahpahaman, dll.. Gue cuma mau ngingetin tahan emosi lu untuk nggak koar koar di medsos apapun permasalahan dalam rumah tangga elu .. Kenapa? Karna itu aib.. Pada akhirnya solusi gak di dapet sama sekali, yg ada semua temen elu tau kalo elu lagi ada masalah sama rumah tangga elu.. Dan jangan pernah sekalipun terucap kata cerai.. Bahaya ini.. Hindari kata itu dalam kondisi apapun..

Permasalahan yg biasa terjadi dalam rumah tangga.. Pertama tadi masalah keuangan.. Ini biasanya si istri yg suka nuntut suami minta uang belanja yg banyak alias selalu bilang kurang, nah dalam hal ini ketika laki laki memilih istri penting bgt seluk beluk istrinya contohnya ini perempuan boros atau nggak? Liat seneng shopping atau nggak.. Kenapa bisa begitu? Karena istri yg hobby shopping itu membahayakan keuangan keluarga.. Dan yg bikin si istri selalu nuntut uang belanja lebih.. (Hal ini berdasarkan fakta).. Jadi carilah istri yg bisa mengatur keuangan yg baik, dan tentunya yg ngerti hakikat Rizki minallah..

Yg kedua kesalahpahaman oke  masalah ini simple sebetulnya kita harus bisa ngasih kesempatan terdakwa buat ngejelasin perkaranya.. Jangan kaya di film film.. "Aku gak butuh penjelasan kamu, semua udah jelas" nahhh dialog di film film yg isinya begitu jgn kalian ikutin..  Kalo rumah tangga kalian gak mau berujung di meja hijau alias perceraian..

Saran saya buat siapapun terutama yg baru menikah, coba kalian untuk bicara berdua.. Perkenalkan sifat baik dan buruk kita terhadap pasangan.. Jangan hanya sifat/kebiasaan baik aja, yg buruk pun harus diberi tau.. Untuk apa? Supaya pasangan kita tau betul seluk beluk pasangannya dan ketika sifat buruk tersebut kambuh pasangan pun bisa memaklumi daaaan kasih tau kepada pasangan apa hal hal yg dibenci dan hal hal apa yg di sukai.. Biar apa? Pasangan tersebut tidak akan melakukan sesuatu yg dibenci dan dia akan melakukan sesuatu yg  sukai pasangannya.. Maka akhirnya dapat memahami satu sama lain.. Dan insyaallah rumah tangga pun akan damai sentosa.. Insyaallah..

Semoga tulisan ini dikemudian hari bisa menjadi sesuatu yg saya praktekan ketika berumah tangga nanti.. Oyaaa.. Buat temen temen yg masih suka posting masalah rumah tangga kalian di sosmed.. Please stop!!!

Persahabatan itu penuh luka liku..

mumpung ada wifi nih pengen banget bikin coretan di BLOG aku yang udah lama gak keurus.. hehehe..

kali ini tema nya tentang persahabatan,. bosenlah cinta cintaan mulu.. iyakan? ada temen juga yang sampe menjudge aku penulis dengan genre cinta.. padahal kan gak juga.. iyakan? #NanyaMulu

ehm.. ternyata Persahabatan itu gak semulus jalan tol ya,. setiap persahabatan selalu aja ada kerikil yang kita lalui,. ada berantem berantem kecil yang bikin jadi gimana gitu,. sebetulnya hal itu gaakan pernah terjadi kalo diantara kita saling memahami sifat masing-masing,. misal kita punya sahabat yang  kalo bercanda bikin nyelekit hati,. nahh.. kita perlu tau kalo dia itu emang begitu sifatnya,. dia cuma niat becanda dan gak ada niatan sama sekali buat nyakitin,. coba kalo seandainya kita ga bisa ngertiin sifat dia,. abis deh pasti udah marah dan gak mau temenan lagi ama dia,.

ini pengalaman pribadi aku,. punya sahabat yang kalo ngomong suka ceplas ceplos, ada juga sahabat yang dia kalo nasehatin pake nada yang gak mengenakan hati, padahal niat dia baik,. awalnya aku bete banget,. pundung,. dan sebetulnya bikin gak nyaman banget,. aku yang selalu ceria sama temen-temen tiba  tiba jadi sosok pendiem,. dan bukan gue bangetlah pokonya,.
Akhirnya aku mencoba berpikir dewasa,. gimana caranya biar gak akan ada yang namanya pundung, marah sama temen,. dan berantem sama temen,. dan jawabannya adalah aku harus memahami sifat dan karakter mereka,. apa yang bikin aku gak suka sama sifat mereka aku coba untuk memahami,. begitupun dengan mereka, aku juga coba bilang hal-hal yang gak aku suka, dan akhirnya kita saling memahami karakter kita masing-masing,. semoga dengan ini persahabatan kita gak akan ada ujian lagi,. karena sejujurnya aku tuh sayang banget sama kalian semua,. 

kadang suka mikir, ini bisa jadi pembelajaran di masa depan loh, ketika kita punya suami, gimana caranya biar gak ribut, gak berantem sama suami,. coba deh pikir aja seseorang yang gak kita kenal sebelumnya tiba-tiba jadi suami kita, setiap hari bareng ama kita,. pasti ada hal-hal yang bikin kamu kaget, dengan karakter dia dan lain sebagainya,. dan untuk itu kalo suatu saat aku punya suami aku mau berdiskusi panjang sama si dia (kalo udah nikah ya) hehe.. aku mau dia tau apa aja yang bikin aku marah, apa aja hal yang gak aku suka,. begitupun juga dia aku mau tanya apa aja yang bikin dia marah dan apa aja hal yang dia gak suka,. dan bikin komitmen untuk mengenal karakter masing-masing dengan begitu insyaAllah rumah tangga akan amaaaaan dari hal-hal yang tidak diinginkan.. jadi kapan mau khitbah aku ? #eh haha

intinya saling memahami karakter orang-orang yang kita cintai biar gak ada yang namanya berantem!!!

itu aja dulu yaaa,. nanti kalo nemu wifi lagi aku bikin coretan yang lebih bermanfaat,. semoga coretan ini juga bermanfaat buat pembaca,. :)

Rasa Yang Tak Semestinya Hadir...

jatuh cinta ?
cinta.. dia datang dengan sendiri, tanpa di undang, dan tidak bisa untuk menolaknya,. sebetulnya tidak ada yang salah dengan datangnya cinta, karena cinta pada hakikatnya merupakan fitrah yang ada pada diri manusia,. 

namun..bagaimana jika cinta ini malah membuat aku gelisah, terbayang akan dia, ingin menikah dengannya,. belum lagi pemikiran aneh yang membelenggu di benakku , apakah dia memiliki perasaan yang sama ? kalo tidak.. ahhhh apa mungkin cinta ini bertepuk sebelah tangan.. 

hingga akhirnya aku terfikir, bukankah jodoh itu sudah Allah atur ? 
kenapa aku harus jatuh cinta sebelum waktunya ,.dan jatuh cinta kepada seseorang yang belum tentu dia mencintai aku, dan belum tentu pula dia akan menjadi jodohku nanti.

dan bagaimana mungkin jika suami ku nanti mengetahui bahwa istrinya telah mencintai laki-laki lain sebelum dia..?


Yaa Allah..
Kau tahu..
Hati ini terikat suka akan
indahnya seorang insan
ciptaan-Mu.
Tapi aku takut, cinta yang
belum waktunya menjadi
penghalang ku mencium surga-
Mu.
Berikan aku kekuatan menjaga
cinta ini, sampai tiba waktunya,
andaikan engkau pun
mempertemukan aku dengannya
kelak.
Berikan aku kekuatan
melupakannya sejenak.
Bukan karena aku tak
mencintainya…
Justru karena aku sangat
mencintainya…



Untukmu calon Imamku..

assalamu'alaikum calon imamku..
apa kabar dirimu..?
semoga kamu selalu dalam lindunganNya..

calon imamku.. yang bahkan aku tidak pernah tau siapa dirimu ,.
apakah kamu seseorang yang selama ini aku kenal..?
ataukah kamu seseorang yang tak pernah aku kenal sebelumnya..?
siapapun dirimu.. semoga Allah memberikanku imam yang shalih untukku,.
seseorang yang mampu menuntunku menjadi istri yang shalihah..

untukmu calon imamku di masa depan..
untukmu yang akan menuntunku di masa depan..
untukmu yang aku yakini dirimu sosok lelaki yang shalih..
disini aku menantimu..

harapanku..semoga kita dipertemukan dengan jalan yang indah..
dengan jalan yang di RidhoiNya..

untukmu calon imamku..
jika disini aku berusaha terjaga, semoga kamu disana menjaga,.
jika disini aku berusaha tak tersentuh oleh lelaki yang bukan mahrom..
aku harap disana dirimu tak pernah menyentuh wanita yang bukan mahrom..
jika disini aku sedang belajar menjadi sosok istri yang shalihah dimasa depan..
aku harap dirimu sedang belajar menjadi suami shalih di masa depan..

untukmu yang selalu aku rindukan..
tetaplah tenang terjaga disana,. terjaga dalam ketaatan..
hingga suatu hari nanti Allah takdirkan kita untuk bersatu..
bersatu dalam ikatan yang halal..




by : Yulianti_Hamasah



Remaja Itu Harus Baper!!!

Baper..?
iya baper..
Bawa perasaan maksudnya..?
eitzzz.. bukan.. baper yang ini lain artinya..
Baper disini "Bawa Perubahan".. 

gaeeees.. tau gak sih kalian bagaimana kondisi remaja saat ini..?
kalo gak tau aku kasih tau.. kondisi remaja saat ini tuh sangat memprihatinkan..
kenapa?

para remaja saat ini sudah banyak yang terjerumus pada pergaulan bebas..
kemarin pada saat acara kajian remaja,. pada sesi tanya jawab ada salah satu remaja yang bertanya "teh..saya mau tanya, temen saya ada yang hamil sama pacarnya, dia minta solusi sama saya, orang tua dia gak tau".. seperti itulah pertanyaan polosnya..
innalillahi.. ternyata problem seperti ini amat nyata, dan ada disekitar kita..

dengan melihat kondisi seperti ini, apakah hal ini harus didiamkan..?
jawabanya TIDAK!!!

ini PR besar buat kita,.
kita analisis, apa yang menyebabkan mereka terjerumus pergaulan bebas..?
gak ada jawaban lain selain "PACARAN"..
ya.. pacaran merupakan akar dari semua ini, bermula dari pacaran, kemudian kebablasan, dan endingnya melakukan free sex..

nahhh.. terus apa yang harus kita lakukan..?
caranya cuma 1 " beramar ma'ruf nahi munkar" ..

maksudnya..? kita nasehatin dia? kita ceramahin dia?

yaa... itu yang harus kita lakukan ditengah-tengah kondisi yang ada saat ini..

tapi gimana kalo dia gak terima..? gimana kalo dia marah? pasti kita bakal dibilang sok alim, sok suci, sok tau..

iya.. begitulah ujian dalam berdakwah,. gak mudah diterima, dicaci maki  udah pasti kita dapatkan..
namun hal tersebut dilantas menjadi down untuk mendakwahi teman kita yang sudah terjerumus dalam maksiat pacaran..

apa sih sebenarnya tujuan kita buat mendakwahi mereka..?
bukan merasa kita paling benerkan?
bukan merasa kita ingin ikut campur urusan mereka..
bukan..bukan itu..
lalu apa..?

jawabannya terdapat di dalam Al - Qur'an :

"Kalian adalah umat Terbaik (generasi terbaik) diantara umat manusia, karena kalian menyeru pada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar (Berdakwah)" [TQS:3:110]..

itulah alasan kita..

dan.. selain itu.. apalagi alasan kita mendakwahi mereka..?
apalagi kalo bukan wujud cinta kita kepada teman kita..
apa rasa sayang kita kepada teman kita harus selalu berbentuk surprize, dan hal so sweet lainnya..

tidaaaak.. untuk menunjukan kita mencintai mereka salah satunya kita menjadikan diri kita menjadi teman yang baik untuk mereka,. dengan cara menunjukan jalan yang benar..

hal se so sweet apapun akan kalah dengan kita mengajak teman kita menuju surgaNya,. sama sama menapaki dan berjuang untuk dapat meraih surga bersamanya.. ahhhhh indaaaaah sekaliiii..

nahhhh.. dengan membaca catatan ini.. siapkah kita menjadi remaja baper (bawa perubahan)..?
siap dooong ! harus siap , tanpa mikir..

karena sejatinya remaja merupakan agent of change (agen perubahan).. 


Semoga Bermanfaat..






Yulianti_Hamasah

My Project "Azalia Collection"..

lama gak bercerita di blog ini ,. karena memang gak ada hal yang mau di ceritain,. hehe ..
tapi kali ini ada hal yang mau aku share,. 

jadi sekarang aku lagi coba aplikasikan ilmu yang udah aku dapet,. aku lagi belajar bisnis ,. bisnis kerudung ,. 
berawal dari salah satu sahabat yang ngajak, dan akhirnya alhamdulillah kesampaian meskipun masih kecil kecilan tapi semoga kedepannya bisa sukses,. aamiin..

jadi keinget dulu waktu masih aktif belajar dikampus, setiap kali ditugasin business plan pasti aku selalu tulis "Online Shop Busana Muslim" ,. dan ada visi misi yang aku tulis di tugas itu ,. selain untuk berjualan aku ingin bisnis ini bisa jadi ladang dakwah ,. kenapa ? karena dengan bisnis hijab ini semoga para wanita berbondong bondong untuk berhijab,. 

online shop yang kita garap ini berbeda dengan online shop pada umumnya ,. maksudnya ? oke aku jelasin ,. jadi aku salah satu orang yang suka beli barang di online shop , tapi aku suka ketipu dengan gambar yang tidak sesuai dengan real,. aku sering banget mengalami hal ini ,. dengan pengalaman yang buruk ini, aku gak mau sampai konsumen aku mengalami hal serupa,. aku pengen mereka puas dengan barang yang mereka pesan dari olshop kita,. dan alhamdulillah karena niat kita mulia hehe ,. banyak pelanggan yang suka dengan barang kita ,.

cerita sedikit untuk saat ini barang yang kita jual masih made in orang lain hehe ,. karena kita belum paham banyak gimana cara buat sendiri ,. dan alhamdulillah aku punya banyak temen yang sangat-sangat membantu, dia juga penjual kerudung , kebetulan temen 1 kampus, bedanya kalo aku lebih olshop, kalo dia udah jadi pemasok,. hebatkan ? nahhh.. dia coba ngajarin kita untuk bisa bikin sendiri, karena lebih banyak kelebihan dengan kita bikin sendiri,. akhirnya kita coba mau buat sendiri,. doakan ya..semoga berhasil,.

bukan hanya dia temen yang membantu, ada juga temen yang membantu, dengan mengajari kita bagaimana jualan online dengan memanfaatkan social media, bukan cuma itu dengan baiknya dia coba membuat desain yang lebih bagus untuk brand kita ,. 

ada juga temen yang punya olshop sendiri, dan dia coba bantu masarin produk kita ,. 

bersyukur banget deh Allah memberikan teman teman seperti mereka, yang mendukung dan membantu temannya ,. 
suatu hari nanti azalia menjadi besar,. mereka adalah orang-orang yang terlibat dari kesuksesan kita,. dan kita gak akan lupain itu ..

terimakasih buat kalian semua,. semoga Allah membalas kebaikan kalian.. :)

Semua Akan Hijrah Pada Waktunya ...

Judul diatas terinspirasi dari artikel yang pernah saya baca ,. cukup menarik dan memiliki arti ..
beberapa waktu lalu saya menonton tv, saya melihat salah satu acara yang isinya menceritakan hijrahnya beberapa artis yang pada saat itu menceritakan beberapa pemain band yang telah berhijrah.. 

pemain band yang kini berpenampilan seperti layaknya seorang ustadz .. 
yaa.. beliau mengenakan gamis, dan ketika diwawancarai masyaAllah apa yang beliau sampaikan seperti seorang ustad yang berbicara ,. 
yaa.. dengan ilmu agama yang saat ini ia pelajari.. maka banyak pengetahuan yang ia dapatkan sehingga dalam setiap kata yang ia keluarkan mengandung ilmu ..

yang saya ingat lagi yaitu dia telah sadar bahwa lagu-lagu yang dulu ia bawakan membuat orang-orang lalai , dan ia kini merubah lagu - lagunya menjadi lagu religi ,. ia ingin menjadikan orang-orang ingat akan Allah.. sekilas seperti itu penjelasannya..

kalo kita lihat saat ini ,, banyak sekali mereka para artis yang berhijrah , banyak artis yang saat ini mengenakan krudung, bahwasannya mereka paham akan kewajibannya sebagai muslimah ,. meskipun jilbab dan krudung yang ia kenakan masih belum syar'i, namun niatnya sudah ada ,. tinggal ia mencari ilmunya.. seperti apa hijab yang benar .. maka disini pentingnya ilmu .. 

dan saya menarik kesimpulan bahwa setiap orang pasti ada keinginan untuk kembali kepada tuntunan ALLAH .. untuk mereka yang memiliki hati yang tidak keras, dalam arti mereka masih bisa disentuh hatinya dengan Islam.. karena ada saja mereka yang di pahamkan dengan Islam masih menolak, dan mereka beranggapan jangan bawa-bawa agama, atau risih dengan nasehat-nasehat yang menjurus pada agama ,. 

maka bersyukur kita yang masih memiliki waktu untuk berhijrah,.