Selasa, 27 Juni 2017

BAB Pernikahan..

Diposting oleh Yulianti Hamasah di 02.50 0 komentar
Sebetulnya ini mata ngantuk banget pengen tidur, tapi karena lagi mual mual jadi malah gak bisa tidur.. Buka FB liat temen curhat di dinding FB kayanya sih ada problem sama rumah tangganya.. Sebetulnya gak maksud kepo, tapi kebaca.. Yaudah jadi sedikit tau kalo dia lagi ada masalah rumah tangganya..

Disini gue gak ada maksud buat ngomongin masalah rumah tangga temen gue itu, karna itu gak ada pengaruhnya untuk masa depan gue.. #apasih.. Jadi pembahasan kali ini tentang pernikahan.. Point penting dalam pernikahan itu salah satunya masalah emosional..

Please jangan bilang gue sotau karna gue belum punya pengalaman pernikahan sok sok an bikin tulisan beginian..

Begini ya gaes.. Ilmu itu gak selalu di dapat dengan kita perlu terjun dulu, tapi bisa di dapat dari cerita dan wejangan dari orang orang sekitar yang udah berpengalaman.. Dan kalian tau meskipun gue belum pernah ngalamin pernikahan tapi gue adalah orang yg selalu dipercaya sahabat gue buat dengerin curhatnya.. Dan kalian tau sahabat gue cerita apa? Cerita rumah tangga nya.. Sekilas aneh tapi nyata.. Gimana bisa gue yg gak berpengalaman menikah tapi bisa ngasih solusi buat permasalahan rumah tangga dia.. Dan dia yang tadinya keukeuh mau cerein istrinya dengan solusi gue yg brilian akhirnya rumah tangga dia sekarang jadi sakinah, mawadah warohmah..

Oke lanjut ke point tentang emosional dalam rumah tangga.. Apa sih maksudnya? Sekali lagi gue bilang gue memang gak pernah punya pengalaman menikah tapi gue lihat dari sekitar yg udah berpengalaman menikah.. Gue tau dalam berumah tangga itu pasti sedikit banyak nemuin yg namanya masalah.. Apapun itu terkait keuangan, kesalahpahaman, dll.. Gue cuma mau ngingetin tahan emosi lu untuk nggak koar koar di medsos apapun permasalahan dalam rumah tangga elu .. Kenapa? Karna itu aib.. Pada akhirnya solusi gak di dapet sama sekali, yg ada semua temen elu tau kalo elu lagi ada masalah sama rumah tangga elu.. Dan jangan pernah sekalipun terucap kata cerai.. Bahaya ini.. Hindari kata itu dalam kondisi apapun..

Permasalahan yg biasa terjadi dalam rumah tangga.. Pertama tadi masalah keuangan.. Ini biasanya si istri yg suka nuntut suami minta uang belanja yg banyak alias selalu bilang kurang, nah dalam hal ini ketika laki laki memilih istri penting bgt seluk beluk istrinya contohnya ini perempuan boros atau nggak? Liat seneng shopping atau nggak.. Kenapa bisa begitu? Karena istri yg hobby shopping itu membahayakan keuangan keluarga.. Dan yg bikin si istri selalu nuntut uang belanja lebih.. (Hal ini berdasarkan fakta).. Jadi carilah istri yg bisa mengatur keuangan yg baik, dan tentunya yg ngerti hakikat Rizki minallah..

Yg kedua kesalahpahaman oke  masalah ini simple sebetulnya kita harus bisa ngasih kesempatan terdakwa buat ngejelasin perkaranya.. Jangan kaya di film film.. "Aku gak butuh penjelasan kamu, semua udah jelas" nahhh dialog di film film yg isinya begitu jgn kalian ikutin..  Kalo rumah tangga kalian gak mau berujung di meja hijau alias perceraian..

Saran saya buat siapapun terutama yg baru menikah, coba kalian untuk bicara berdua.. Perkenalkan sifat baik dan buruk kita terhadap pasangan.. Jangan hanya sifat/kebiasaan baik aja, yg buruk pun harus diberi tau.. Untuk apa? Supaya pasangan kita tau betul seluk beluk pasangannya dan ketika sifat buruk tersebut kambuh pasangan pun bisa memaklumi daaaan kasih tau kepada pasangan apa hal hal yg dibenci dan hal hal apa yg di sukai.. Biar apa? Pasangan tersebut tidak akan melakukan sesuatu yg dibenci dan dia akan melakukan sesuatu yg  sukai pasangannya.. Maka akhirnya dapat memahami satu sama lain.. Dan insyaallah rumah tangga pun akan damai sentosa.. Insyaallah..

Semoga tulisan ini dikemudian hari bisa menjadi sesuatu yg saya praktekan ketika berumah tangga nanti.. Oyaaa.. Buat temen temen yg masih suka posting masalah rumah tangga kalian di sosmed.. Please stop!!!

Selasa, 25 April 2017

Persahabatan itu penuh luka liku..

Diposting oleh Yulianti Hamasah di 04.09 0 komentar
mumpung ada wifi nih pengen banget bikin coretan di BLOG aku yang udah lama gak keurus.. hehehe..

kali ini tema nya tentang persahabatan,. bosenlah cinta cintaan mulu.. iyakan? ada temen juga yang sampe menjudge aku penulis dengan genre cinta.. padahal kan gak juga.. iyakan? #NanyaMulu

ehm.. ternyata Persahabatan itu gak semulus jalan tol ya,. setiap persahabatan selalu aja ada kerikil yang kita lalui,. ada berantem berantem kecil yang bikin jadi gimana gitu,. sebetulnya hal itu gaakan pernah terjadi kalo diantara kita saling memahami sifat masing-masing,. misal kita punya sahabat yang  kalo bercanda bikin nyelekit hati,. nahh.. kita perlu tau kalo dia itu emang begitu sifatnya,. dia cuma niat becanda dan gak ada niatan sama sekali buat nyakitin,. coba kalo seandainya kita ga bisa ngertiin sifat dia,. abis deh pasti udah marah dan gak mau temenan lagi ama dia,.

ini pengalaman pribadi aku,. punya sahabat yang kalo ngomong suka ceplas ceplos, ada juga sahabat yang dia kalo nasehatin pake nada yang gak mengenakan hati, padahal niat dia baik,. awalnya aku bete banget,. pundung,. dan sebetulnya bikin gak nyaman banget,. aku yang selalu ceria sama temen-temen tiba  tiba jadi sosok pendiem,. dan bukan gue bangetlah pokonya,.
Akhirnya aku mencoba berpikir dewasa,. gimana caranya biar gak akan ada yang namanya pundung, marah sama temen,. dan berantem sama temen,. dan jawabannya adalah aku harus memahami sifat dan karakter mereka,. apa yang bikin aku gak suka sama sifat mereka aku coba untuk memahami,. begitupun dengan mereka, aku juga coba bilang hal-hal yang gak aku suka, dan akhirnya kita saling memahami karakter kita masing-masing,. semoga dengan ini persahabatan kita gak akan ada ujian lagi,. karena sejujurnya aku tuh sayang banget sama kalian semua,. 

kadang suka mikir, ini bisa jadi pembelajaran di masa depan loh, ketika kita punya suami, gimana caranya biar gak ribut, gak berantem sama suami,. coba deh pikir aja seseorang yang gak kita kenal sebelumnya tiba-tiba jadi suami kita, setiap hari bareng ama kita,. pasti ada hal-hal yang bikin kamu kaget, dengan karakter dia dan lain sebagainya,. dan untuk itu kalo suatu saat aku punya suami aku mau berdiskusi panjang sama si dia (kalo udah nikah ya) hehe.. aku mau dia tau apa aja yang bikin aku marah, apa aja hal yang gak aku suka,. begitupun juga dia aku mau tanya apa aja yang bikin dia marah dan apa aja hal yang dia gak suka,. dan bikin komitmen untuk mengenal karakter masing-masing dengan begitu insyaAllah rumah tangga akan amaaaaan dari hal-hal yang tidak diinginkan.. jadi kapan mau khitbah aku ? #eh haha

intinya saling memahami karakter orang-orang yang kita cintai biar gak ada yang namanya berantem!!!

itu aja dulu yaaa,. nanti kalo nemu wifi lagi aku bikin coretan yang lebih bermanfaat,. semoga coretan ini juga bermanfaat buat pembaca,. :)

Rabu, 15 Maret 2017

Rasa Yang Tak Semestinya Hadir...

Diposting oleh Yulianti Hamasah di 09.43 0 komentar
jatuh cinta ?
cinta.. dia datang dengan sendiri, tanpa di undang, dan tidak bisa untuk menolaknya,. sebetulnya tidak ada yang salah dengan datangnya cinta, karena cinta pada hakikatnya merupakan fitrah yang ada pada diri manusia,. 

namun..bagaimana jika cinta ini malah membuat aku gelisah, terbayang akan dia, ingin menikah dengannya,. belum lagi pemikiran aneh yang membelenggu di benakku , apakah dia memiliki perasaan yang sama ? kalo tidak.. ahhhh apa mungkin cinta ini bertepuk sebelah tangan.. 

hingga akhirnya aku terfikir, bukankah jodoh itu sudah Allah atur ? 
kenapa aku harus jatuh cinta sebelum waktunya ,.dan jatuh cinta kepada seseorang yang belum tentu dia mencintai aku, dan belum tentu pula dia akan menjadi jodohku nanti.

dan bagaimana mungkin jika suami ku nanti mengetahui bahwa istrinya telah mencintai laki-laki lain sebelum dia..?


Yaa Allah..
Kau tahu..
Hati ini terikat suka akan
indahnya seorang insan
ciptaan-Mu.
Tapi aku takut, cinta yang
belum waktunya menjadi
penghalang ku mencium surga-
Mu.
Berikan aku kekuatan menjaga
cinta ini, sampai tiba waktunya,
andaikan engkau pun
mempertemukan aku dengannya
kelak.
Berikan aku kekuatan
melupakannya sejenak.
Bukan karena aku tak
mencintainya…
Justru karena aku sangat
mencintainya…



 

desain oleh antonia sundrani modifikasi edwin januar | www.sintesaleaf.com